top of page

Groupe

Public·21 membres
Yaroslav Drozdov
Yaroslav Drozdov

Program Mengurutkan Data Mahasiswa



Kembali saya share terkait tutorial dasar database mysql. Sebelumnya kita telah belajar menampilkan dan mengelompokan data. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengurutkan data di mysql dengan menggunakan pernyataan order by.




Program Mengurutkan Data Mahasiswa



Pernyataan order by dapat mengurutkan data baik dari satu kolom maupun lebih. pengurutannya pun dapat dikombinasikan misalnya kolom pertama di urutkan dari kecil ke besar (ascending) dan kolom kedua dari besar ke kecil (descending).


Perintah sql diatas akan mengurutkan data mahasiswa berdasarkan nik dari terkecil ke besar. Memang secara default sistem akan mengurutkan data secara ascending bila kita tidak menyebutkan teknik apa yang ingin kita gunakan.


Untuk mengurutkan data secara ascending perlu kita tambahkan kata kunci ASC setelah kita menyebutkan kolom yang ingin diurutkan pada pernyataan ORDER BY. Dibawah ini adalah contohnya


Selain itu kita juga dapat menentukan metode apa yang ingin kita gunakan pada setiap kolom. Misalnya saya ingin mengurutkan data dari kolom umur secara ascending. Namun untuk kolom nama saya gunakan secara descending. Maka sintaknya seperti dibawah ini:


DemikianPembahasan kali ini mengenai cara mengurutkan data di mysql dengan ini dapat saya simpulkan bahwa terdapat 2 metode pengurutan dengan menggunakan pernyataan ORDER BY. yang pertama pengurutan dari kecil ke besar (ascending) dan dari besar ke kecil (descending). Penggunaan klausa order by juga tidak hanya terbatas pada satu kolom saja namun bisa lebih dari satu kolom pada tabel.


Penomoran Nomor Induk Register Lulus (NIRL) minimal terdiri sebelas (11) angka yang menunjukkan: tahun tamat, tahun masuk, jenjang pendidikan, angkatan mahasiswa, nomor urut sekolah tinggi, nomor urut program studi, dan nomor urut pengeluaran ijazah sejak yudisium pertama hingga yudisium berjalan.


Kopertis Wilayah II menetapkan batasan waktu data paling lambat diterima karena data mahasiswa tersebut harus dilakukan pengecekan dan validasi. Disamping ketentuan waktu, setiap perguruan tinggi swasta diminta untuk memberikan laporan sesuai format yang ditentukan.


Adapun sumber pengecekan dan validasi data mahasiswa yang akan mengikuti yudisium dan wisuda terdapat dalam Pangkalan Data Pendidikan Tinggi Kemenristekdikti yang dapat diakses oleh siapapun dan kapanpun pada alamat


Setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta diharuskan untuk melaporkan aktivitas belajar mahasiswa setiap semester. Data pelaporan aktivitas mahasiswa dimulai dengan program Evaluasi Program Studi Berdasarkan Evaluasi Diri (EPSBED) yang berbasis under dos, berkembang ke Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT), dan saat ini bernama Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD Dikti) yang berbasis under windows dan dapat dilakukan sinkronisasi melalui web


Mengingat STIE Rahmaniyah Sekayu memiliki mahasiswa Kampus Sungai Lilin, apabila ada mahasiswa dari Kampus Sungai Lilin yang mengikuti yudisium dan wisuda maka mahasiswa yang bersangkutan terdapat dalam satu (1) Surat Keputusan Ketua STIE Rahmaniyah Sekayu sesuai dengan program studi yang diikuti dengan mengurutkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM) yang bersangkutan.


Sesuai pada judul diatas, saya akan memaparkan kode program c++ untuk pengurutan data dengan Algoritma sorting selection sort. Perlu diketahui, didalam output program algoritma sorting tidak akan ada perbedaan hasil pengurutan data antara program sorting selection sort, insertion sort, bubble sort, quick sort, merge sort, dll. Perbedaan keefisienan algoritma sorting ini hanya pada proses menjalankan program nya saja, yang melakukan proses program pengurutan dalam waktu lebih cepat adalah yang paling efisien. Berikut program c++ algoritma sorting untuk mengurutkan data nilai mahasiwa secara Selection sort:


Sekian program c++ untuk pengurutan data nilai tes mahasiswa, selamat mencoba dan pastikan tidak ada kesalahn pengetikan program sehingga tidak terjadi error. Jika saya ada salah dalam pemilihan kata saya mohon maaf.


Pengurutan data adalah bagian integral dari analisis data. Anda mungkin ingin menyusun daftar nama dalam urutan abjad, menyusun daftar tingkatan inventaris produk dari tertinggi ke terendah, atau mengurutkan baris menurut warna atau ikon. Pengurutan data membantu memvisualisasikan dengan cepat dan memahami data Anda dengan lebih baik, menata dan menemukan data yang Anda inginkan, dan akhirnya membuat keputusan yang lebih efektif.


Anda dapat mengurutkan data menurut teks (A ke Z atau Z ke A), angka (terkecil ke terbesar atau terbesar ke terkecil), serta tanggal dan waktu (terlama ke terbaru dan terbaru ke terlama) dalam satu atau beberapa kolom. Anda juga dapat mengurutkan menurut daftar kustom yang dibuat (seperti Besar, Sedang, dan Kecil) atau menurut format, termasuk warna sel, warna font, atau rangkaian ikon.


Pastikan bahwa semua data disimpan sebagai teks Jika kolom yang ingin diurutkan berisi angka yang disimpan sebagai angka dan sebagai teks, Anda harus memformatnya hanya sebagai angka atau teks. Jika tidak menerapkan format ini, angka yang disimpan sebagai angka akan diurutkan terlebih dahulu dari angka yang disimpan sebagai teks. Untuk memformat semua data yang dipilih sebagai teks, Tekan Ctrl+1 untuk mengurutkan dialog Format Sel, klik tab Angka, lalu di bawah Kategori, klik Umum, Angka, atau Teks.


Hapus semua spasi awal Dalam beberapa kasus, data yang diimpor dari aplikasi lain mungkin memiliki spasi tambahan yang disisipkan sebelum data. Hapus spasi awal tersebut sebelum mengurutkan data. Anda dapat melakukannya secara manual atau menggunakan fungsi TRIM.


Jika ingin mengurutkan menurut hari dalam seminggu, format sel agar memperlihatkan hari dalam seminggu. Jika ingin mengurutkan menurut hari dalam seminggu dengan mengabaikan tanggal, konversikan menjadi teks dengan fungsi TEXT. Namun, fungsi TEXT mengembalikan nilai teks, sehingga operasi pengurutan akan didasarkan pada data alfanumerik. Untuk informasi selengkapnya, lihat Memperlihatkan tanggal sebagai hari dalam seminggu.


Anda mungkin ingin mengurutkan lebih dari satu kolom atau baris ketika Anda mempunyai data yang ingin dikelompokkan menurut nilai yang sama dalam satu kolom atau baris, lalu mengurutkan kolom atau baris lain dalam grup yang memiliki nilai yang sama tersebut. Misalnya, jika Anda memiliki kolom Departemen dan kolom Karyawan, pertama-tama Anda dapat mengurutkan menurut Departemen (untuk mengelompokkan semua karyawan di departemen yang sama bersama-sama), lalu mengurutkan menurut nama (untuk meletakkan nama dalam urutan abjad dalam setiap departemen). Anda bisa mengurutkan hingga 64 kolom.


Munculkan baris dan kolom yang disembunyikan sebelum mengurutkan Kolom yang disembunyikan tidak dipindahkan ketika Anda mengurutkan kolom, dan baris yang tersembunyi tidak dipindahkan ketika Anda mengurutkan baris. Sebelum mengurutkan data, ada baiknya munculkan kolom dan baris yang tersembunyi.


Aktifkan atau nonaktifkan judul baris Biasanya lebih baik memiliki judul baris saat Anda mengurutkan kolom untuk membuatnya lebih mudah dalam memahami arti data. Secara default, nilai dalam judul tidak disertakan dalam operasi pengurutan. Kadang-kadang, Anda mungkin harus mengaktifkan atau menonaktifkan judul sehingga nilai dalam judul disertakan atau tidak disertakan dalam operasi pengurutan. Lakukan salah satu hal berikut ini:


Bagi kalian yang sedang kuliah terutama yang ambil jurusan teknik informatika pasti sedang mempelajari salah satu materi program, salah satu nya adalah program sort dan search data menggunakan bahasa pemrograman c++. Sebelum ke pembahasan sebaiknya mengenal terlebih dahulu tentang c++.


Dalam live session ini, Suberlin melanjutkan penjelasan materi mengenai data operation. Ia mengungkapkan terdapat beberapa langkah dasar yang dilakukan dalam data operation, yaitu seletion, filtering, addition, deletion, rename dan sorting. Selection merupakan proses pemilihan data yang relevan untuk diterima dari koleksi data yang ada. Filtering digunakan untuk menyaring data sesuai dengan kriteria yang diinginkan, addition untuk menambahkan data pada kolom atau baris, deletion digunakan untuk menghapus data dari kolom, rename untuk mengganti nama data dan terakhir, sorting digunakan untuk mengurutkan data.


PEMBELIAN PROGRAM:Source Code Program Aplikasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Online ini Kami jual dengan harga Rp. 600.000,- ( enam ratus ribu rupiah ). Bagi mahasiswa Informatika, source code program ini dapat Anda pakai untuk pengembangan dan contoh proyek Tugas Akhir (TA) dan Skripsi.


Bagi Anda mahasiswa Informatika dan Ilmu Komputer yang saat sedang membuat Proyek Program Aplikasi Penggajian Karyawan, saat ini Anda tidak usah lagi pusing untuk mendapatkan referensi contoh programnya, karena kami tim Bunafit Komputer telah merilis produk Source code baru, dengan judul Sistem Informasi Penggajian Karyawan dan Absensi Berbasis Web dengan PHP-MySQL Dreamweaver.


PEMBELIAN PROGRAM:Source Code Program Aplikasi Penggajian Karyawan & Absensi ini Kami jual dengan harga Rp. 500.000,- ( lima ratus ribu rupiah ). Bagi mahasiswa Informatika, source code program ini dapat Anda pakai untuk Tugas Akhir (TA) dan Skripsi.


PEMBELIAN PROGRAM:Source Code Program Ujian (Tes) Online Mahasiswa ini Kami jual dengan harga Rp. 700.000,- ( tujuh ratus ribu rupiah ). Bagi mahasiswa Informatika, source code program ini dapat Anda pakai untuk TA/Skripsi.


PEMBELIAN PROGRAM:Source Code Program Ujian (Tes) Online Siswa SMP/SMA/SMK ini Kami jual dengan harga Rp. 700.000,- ( Tujuh ratus ribu rupiah). Bagi mahasiswa Informatika, source code program ini dapat Anda pakai untuk TA/Skripsi.


Untuk diterapkan pada Sekolah SMK yang memiliki beberapa pembagian Jurusan, maka Anda dapat mengembangkan sendiri programnya dengan menambahkan data Jurusan dalam database, kemudian menghubungkannya dengan tabel siswa, tabel pelajaran dan tabel lain yang terkait. Jika Anda menginginkan paket itu, Kami sudah merilisnya, yaitu Program Aplikasi Ujian Online Khusus Untuk Siswa SMK.


À propos

Bienvenue sur le groupe ! Vous pouvez contacter d'autres mem...

membres

bottom of page